3 Ciri Membedakan Emas Putih Asli dan Palsu


Sumber: https://pixabay.com/id/photos/pernikahan-cincin-kawin-cincin-2544405/ 

Seperti yang Anda tahu, emas putih adalah salah satu jenis perhiasan yang banyak dipakai kaum hawa. Bahkan kepopulerannya setara dengan jenis perhiasan lain seperti emas kuning. Namun, apa yang membedakan emas ini dari emas jenis lainnya?

Emas putih merupakan campuran dari emas, perak, palladium, dan platinum yang dilebur menjadi satu sehingga membentuk perhiasan. Campuran dari berbagai logam inilah yang menciptakan emas berwarna putih. 

Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati dengan jenis emas ini. Sebab, emas berwarna putih sulit dibedakan keasliannya. Berikut ini adalah ciri-ciri untuk membedakan emas warna putih yang asli dan palsu: 

1. Kualitas Warna 
Untuk membedakan mana emas putih asli dan palsu bisa dilihat dari kualitas warna yang dipancarkan. Emas berwarna putih yang ori biasanya berwarna cerah. Saat ada cahaya, emas ini juga memiliki daya pantul sehingga warnanya lebih berkilauan. 

Berbeda halnya dengan ciri-ciri emas warna putih palsu. Emas palsu ini memiliki pancaran warna yang lebih redup. Selain itu, emas ini tidak bisa memantulkan cahaya karena terbuat dari campuran bahan besi dan nikel. 

Maka dari itu, Anda bisa langsung membedakan yang asli dan palsu hanya dari warnanya saja. 

2. Daya Tahan Zat
Karena emas warna putih ini terbuat dari logam-logam mulia, maka daya tahannya tentu lebih lama. Bahkan jika dibandingkan dengan emas kuning, emas putih kalung punya daya tahan zat yang lebih lama. 

Anda bisa buktikan sendiri dengan beberapa percobaan sederhana. Misalnya, dengan meneteskan cairan cuka ke atas permukaan emas. Jika emas berubah warna, maka emas warna putih yang Anda miliki adalah palsu. 

3. Tanda Verifikasi dari Produsen
Adanya tanda verifikasi yang dicetak pada perhiasan emas warna putih Anda ternyata bisa menentukan keasliannya. Emas warna putih yang asli memiliki kode 585. Sedangkan emas putih 925 berasal dari bahan logam perak. 

Selain kode, Anda juga perlu memperhatikan tanda verifikasi perhiasan Anda. Biasanya, tanda verifikasi terdiri dari nomor seri, tahun pembuatan, kadar kemurnian, dan berat. Jika emas putih Anda tidak punya tanda verifikasi, artinya emas tersebut palsu. 

Referensi:
1. https://amp.tirto.id/ciri-emas-putih-dan-cara-membedakannya-dengan-perhiasan-perak-giuq
2. https://www.galeri24.co.id/amp/ini-cara-sederhana-uji-emas-putih-dan-perak
3. https://www.google.com/amp/s/id.wikihow.com/Mengenali-Emas-Asli-atau-Palsu%3famp=1
Previous PostPosting Lama Beranda